Sebungkus Rokok Untuk POLISI




Entah kenapa gw masih gondok sama yang namanya polisi. Ya, kemarin gw "diperawani" sama polisi lalu lintas. Tapi dalam kasus ini, gw bukan diperawani dalam artian yang sebenarnya. Seumur hidup gw belum pernah tuh yang namanya kena tilang polisi. Tapi, akhirnya kemarin jadi hari yang paling bersejarah dalam hidup gw. Ditilang POLANTAS karena penyakit pelupa gw yang kambuh lagi, lupa gak pake helm. *Fiuh

Ceritanya kemarin gw mau main ke tempat sobat yang emang gw harus ke jalan raya. Tadinya mau langsung aja cabut ke rumahnya, tapi di tengah jalan gw kepikiran buat beli sesuatu dulu di mini market deket pasar. Emang sih gw liat banyak polantas yang lagi beraksi di tengah jalan, tapi gw cuek aja. Nah, pas udah belanjanya gw langsung gas motor dengan santainya melewati beberapa polantas. Gw pikir mereka hanya ngatur jalan aja, tapi tiba-tiba ada seonggok polantas yang menggiring motor gw ke pinggir jalan.

Deg..deg..deg.. Langsung aja gw kepikiran ama helm yang ketinggalan di rumah. *Shiiiitttt. Abis itu biasalah polantasnya minta nunjukin surat-suratnya. Gw keluarin SIM ama STNK dari dompet ajaib gw, tapi dia bilang "Kenapa gak pake helm mas?", "Helmnya dibawa ama temen, ini mau ngambil mas", jawab gw yang sebenernya bohong.

Dan polantas ini ngajak gw masuk ke gang kecil menjauh dari ramainya jalan raya. Tempatnya sepi dan gak bisa dilihat orang-orang dari jalan raya. Dalam hati gw ngomong "Dasar polisi, pasti mau minta duit nih". Setelah sampai di tempat sepi itu gw di ceramahin bla..bla..bla..bla. Trus dia bilang gini "Jumat depan ambil SIMnya di pengadilan negeri yah", "Bentar pak..." jawab gw sambil ngeluarin handphone buat cek kalender, takutnya jumat depan gw ada jadwal manggung, maklum artis terkenal *ditoyor batu*. Sebenarnya sih gw bukan buka kalender, gw buka kamera yang niatnya buat foto si polisi ini. Tapi gw sadar suara kameranya gak bisa dimatiin dan cuman flash aja yang bisa dimatiin. Gagal deh mau buat barang bukti. 

Gw sadar memang salah gak pake helm, jadinya gw manggut-manggut aja, tapi pas dia bilang "Sanggup gak ke pengadilan negeri?", gw jawab "Gak bisa pak, saya banyak kerjaan. Dan saya gak tahu dimana pengadilan negerinya". Dia terus nyeramahin gw kalo gak pake helm itu bahaya bla..bla..bla..

Sampai akhirnya dia bilang "Ya sudah gini saja, kalau kamu gak bisa ke pengadilan negeri", "Bapak minta rokok saja, tapi lain kali jangan ulangin lagi kesalahannya". 

Tiba-tiba awan cerah mulai datang, gw langsung mengiyakan. Tadinya gw pikir bakal diminta uang lumayan besar, ini cuman minta rokok?. Raut muka langsung cerah. Dan gw kasih polisi itu rokok satu bungkus seharga Rp. 14.000. Dalam hati, nih polisi murahan banget cuman minta rokok. 

Sebenernya kalaupun gw harus sidang tilang gw mau aja, toh gw emang bersalah. Tapi polisi ini menyatakan damai dengan hanya sebungkus rokok. Jadi gw gak perlu repot datang ke pengadilan negeri dan membayar Rp. 250.000 karena gak pake helm. :) 

Bagi kalian yang kena tilang dan harus banyar denda, nih ada daftar pelanggaran dan jumlah yang harus dibayar :



0 comments:

Posting Komentar

 

Twitter Updates